Senin, 25 Juni 2012

Mencari Hari Pasaran Jawa Dengan Excel

Mush-bro.co.cc - Hari pasaran merupakan hari dalam kalender jawa dimana dalam satu minggu terdiri dari 5 hari berbeda dengan kalender masehi dimana hari minggu terdapat 7 hari. Urutan hari dalam hari pasaran terdiri dari Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan Legi, dengan menggunakan excel kita bisa melakukaan pencarian hari pasaran dengan menggunakan fungsi lookup dan mod. Tentang hari pasaran perhitungan manualnya bisa anda baca diartikel saya yang ini
Untuk jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :



Pada gambar diatas hari pasaran disimpan pada awal hari dengan no index array 0 (bukan 1 !) dimulai dengan nama hari pasaran kliwon. Setelah anda membuat data seperti pada tampilan diatas blok cell A1 sampai dengan F2 dan beri nama dengan nama array_hari menggunakan fasilitas insert name define.
Jika anda ingin mengetahui hari pasaran dan hari kalender masehi , maka cukup memasukan pada kolom tanggal saja, tanggal berapa yang akan dicari hari pasarannya dan hari kalender masehi-nya.
Untuk mengetahui hari kalender masehi (cell B5) gunakan formula :
=TEXT(B4;”ddd”)
Rumus diatas merubah Cell B4 dengan fungsi Text dengan format ddd (coba anda ganti format nya dengan single d atau double d, apa yang terjadi ? )
Sedangkan untuk mencari hari pasaran pada cell B6 adalah :
=HLOOKUP(MOD(B4;5);array_hari;2)
Formula diatas mencari hasil sisa pembagian (modulus) tanggal dengan fungsi mod dimana nilai pembagi nya adalah 5 (sesuai jumlah hari pasaran dalam satu minggu nya) dan hasil pembagi tersebut dicocokan ke tabel array dengan fungsi HLOOKUP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung ke MUSH-BRO.CO.CC Tempatnya Cari Ilmu Dan Download Gratis